1. Datang tepat waktu
Sebagai atasan, Anda wajib datang tepat waktu terlepas dari sibuk tidaknya Anda dengan urusan nonpekerjaan
Bila Anda datang tdak tepat waktu, bawahan Anda akan tidak respek
kepada Anda karena beralasan mereka juga bisa datang terlambat karena
Anda sebagai atasannya biasa terlambat masuk kerja.
2. Reward vs. Punishment
Banyak kekecewaan bawahan kepada atasannya karena penilaian atasan
yang tidak adil. Misal, Anda memberi penilaian keinerja yang sama antara
bawahan yang rajin dengan yang malas. Ini biasanya memberikan
demotivasi bagi bawahan yang rajin bekerja karena mereka merasa sia-sia
bekerja rajin.
Untuk memotivasi bawahan, Anda harus menerapkan
r
3. Tidak membawa SARA
Jangan bawa-bawa suku, agama, dan ras (SARA) saat Anda di tempat
kerja. Jika sebaliknya, Anda akan mendapat “perlawanan” dari bawahan
Anda yang mungkin tersinggung atas ucapan atau tindakan Anda.
Bersikaplah profesional dan menyadari bahwa Ada bekerja di lingkungan
kerja yang majemuk.
4. Berinteraksi dengan bawahan
Jangan hanya diam di ruangan atau kantor Anda. Jika Anda punya waktu luang, misalnya saat
coffee break
atau makan siang, berinteraksilah dengan bawahan Anda dari segala
posisi. Saat berinteraksi dengan mereka, buatlah obrolan ringan yang
memancing bawahan Anda nyaman ngobrol dengan Anda. Topik obrolannya bisa
berkaitan dengan pekerjaan ataupun tidak.
5. Mengembangkan budaya continuous improvement
Sebagai atasan, Anda harus mengembangkan budaya
continuous improvement (perbaikan terus menerus). Ini umumnya berupa upaya berkelanjutan dalam meningkatkan produk, pelayanan, atau proses.
0 komentar:
Posting Komentar